WELCOME

Manusia tidak diberikan ilmu oleh Allah melainkan hanya sedikit.

Senin, 16 April 2012

GCMSMS


pengembangan lebih lanjut dari GC MS adalah GCMSMS dimana alat ini diharapkan dapat meningkatkan selektifitas dan sensitifitas karena hasil yang diperoleh lebih spesifik pada karakteristik masing masing senyawa. pemecahan yang dilakukan dengan EI atau CI pada GCMS kurang mampu menghasilkan kepercayaan yang tinggi sehingga biasanya harus dibuktikan/ dikonfirmasi dengan alat lain seperti HPLC DAD. 
pada penetapan Azo dye atau disperse dye, hasil positif yang dihasilkan oleh GCMS perlu dikonfirmasi menggunakan HPLD DAD. konfirmasi ini dilakukan untuk meyakinkan secara kualitatif bahwa senyawa tersebut memang ada. ada kasus kasus tertentu pada analisa azo dye, pengukuran pada GC positif namun setelah dikonfirmasi ternyata negatif. 
konfirmasi menggunakan DAD dilakukan dengan cara membandingkan spectrum standarnya. jika spectrum sample match dengan spectrum standar dapat dikatakan senyawa itu positif. jika tidak maka sebaliknya. dan hasil pada GC MS dinyatakan negatif.

gambar spectrum DAD


namun dengan GCMSMS maka tidak diperlukan lagi konfirmasi seperti pada GCMS karena setiap senyawa memiliki pecahan anak ion yang berbeda. sistem kerja sama seperti pada GCMS namun setelah MS pertama, massa yang lolos dibombardir lagi dan kemudian difilter lagi pada MS ke 2. ini menjadikan selektifitas dari suatu senyawa naik drastis.