WELCOME

Manusia tidak diberikan ilmu oleh Allah melainkan hanya sedikit.

Rabu, 04 April 2012

Interferensi Pada ICP-OES

Sampel "matriks" adalah komposisi sebagian besar sampel seperti air, organik senyawa, asam, padatan terlarut, dan garam. Efek matriks dapat mempengaruhi kemampuan suatu metode analisis untuk mengidentifikasi secara kualitatif dan kuantitatif, mengukur senyawa target dalam sampel  tidak langsung mempengaruhi intensitas dan resolusi sinyal yang diamati. Untuk memberikan hasil yang valid, harus selalu memperhatikan efek matrik.Pada ICP-OES analisis, ion-untuk-atom garis rasio intensitas dapat digunakan sebagai indikator untuk menentukan plasma terkait efek matriks. Unsur-unsur seperti natrium dan kalsium di alam memiliki potensi ionisasi yang rendah. Dalam penelitian, pengaruh natrium serta konsentrasi asam pada ion dan intensitas atom kromium, kadmium, dan timbal telah diteliti.
 
Preparasi Sampel:SPEX CertiPrep standar CLMS-2 terdilusi menjadi 1,0 ppm pengenceran 10x dengan5% asam nitrat dan disedot melalui saluran 1. konsentrasi bertingkat natrium (0, 50, 100, 200, 500, dan 1000) telah disusun dan disedot melalui saluran 2. Kedua solusi dicampur melalui konektor tabung "T" dan selanjutnya pencampuran melalui koil sebelum memasuki nebulizer. 
HasilGambar 1 merupakan intensitas relatif dari garis ionik dan garis atom serta rasio ion / atom di hadapan berbagai konsentrasi natrium. Itu matriks karena memvariasikan konsentrasi asam nitrat dan klorida efekasam ditunjukkan pada Gambar 2 dan Gambar 3.

Pengaruh Konsentrasi Natriumdapat diamati bahwa terjadi perubahan yang cukup besar dalam pemulihan kadmium dan kromium dalamkehadiran berbagai konsentrasi intensitas relatif sodium.  kromium dan kadmium  jauh lebih tinggi daripada konsentrasi aslinya. Efek signifikan mulai pada 50 ppm natrium. Konsentrasi timbal berkurang seiring naiknya konsentrasi natrium.Pengaruh Konsentrasi AsamEfek matriks akibat perubahan konsentrasi asam sangat signifikan bagi kadmium dan kromium jika dilarutkan dalam asam nitrat. Semakin tinggi konsentrasi asam, semakin rendah intensitas kedua unsur ini,
disini juga diamati,  perubahan dalam kembalinya konsentraasi  analit dengan peningkatan asam klorida jika dibandingkan dengan acid.
HasilMatriks sampel memiliki efek mendalam pada keakuratan analisis unsur jejak oleh ICP. Kelebihan asam dapat menjadi sumber kesalahan dalam analisis. Karena dari perilaku yang berbeda dari garis atom dan ion, setidaknya dua internal standar diperlukan untuk mengkompensasi efek matriks. Hal ini mutlak penting untuksesuai dengan matriks sampel dengan standar untuk memastikan data yang akurat dan dipertahankan.

sumber : SPEX CertiPrep, Inc

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar