WELCOME

Manusia tidak diberikan ilmu oleh Allah melainkan hanya sedikit.

Selasa, 10 April 2012

KINGDOM PROTISTA




            Kata Protista berasal dari bahasa Yunani, yaitu protos = pertama/mula-mula dan ktistos = menyusun/membuat. Kingdom Protista merupakan kingdom yang terdiri atas organisme eukariota yang masih sederhana. Sebagian besar anggota kingdom Protista merupakan organisme bersel tunggal (uniseluler) dan hanya sedikit yang bersel banyak (multiseluler) akan tetapi belum dapat membentuk jaringan dan organ. Memiliki alat gerak berupa silia (rambut getar) atau flagella (bulu cambuk).
            Beberapa jenis Protista merupakan organisme fotoautotrof, dan beberapa jenis lainnya merupakan organisme heterotrof (fagotrotof atau osmotrof). Pada beberapa jenis Protista, kebutuhan makanannya bergantung pada keadaan; pada saat ada cahaya mereka merupakan organisme fotoautotrof, tetapi pada saat gelap mereka merupakan organisme heterotrof.
            Protista bereproduksi aseksual dengan cara pembelahan biner, sedangkan reproduksi seksual dengan cara isogami, anisogami, dan oogami. Isogami merupakan perkawinan atau persatuan dua gamet motil (dapat bergerak) yang sama bentuk dan ukurannya. Anisogami adalah perkawinan atau persatuan dua gamet motil yang berbeda bentuk dan ukurannya; gamet betina lebih besar daripada gamet jantan. Adapun oogami adalah perkawinan antara gamet jantan kecil yang motil dan gamet betina besar yang immotil (tidak dapat bergerak).
            Berdasarkan kemiripan ciri-cirinya dengan hewan, tumbuhan, atau jamur, beberapa ahli membagi Protista menjadi tiga kelompok, yaitu
(1)  Protista mirip hewan (animal-like protist)
(2)  Protista mirip tumbuhan (plant-like protist)
(3)  Protista mirip jamur (fungus-like protist)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar