WELCOME

Manusia tidak diberikan ilmu oleh Allah melainkan hanya sedikit.

Selasa, 10 April 2012

Plasmodium



            Plasmodium merupakan penyebab malaria, yaitu penyakit yang menginfeksi hati dan sel-sel darah merah. Plasmodium memerlukan tubuh nyamuk dan manusia. Plasmodium masuk ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Anopheles betina yang tertulari Plasmodium. Begitu masuk ke dalam tubuh manusia, Plasmodium langsung menyebar di dalam darah dan berkembangbiak di dalam hati. Plasmodium hidup di dalam sel-sel darah merah dan menyebabkan demam malaria.
            Berdasarkan gejala yang ditimbulkan, ada empat jenis Plasmodium penyebab penyakit malaria, yaitu
(1)        Plasmodium vivax merupakan penyebab malaria tertiana dengan gejala demam   setiap 48 jam atau 2 hari sekali.
(2)        Plasmodium ovale juga merupakan penyebab malaria tertiana.
(3)        Plasmodium malariae merupakan penyebab malaria kuartana dengan gejala        demam setiap 72 jam atau 3 hari sekali.
(4)        Plasmodium falciparum merupakan penyebab malaria tropika dengan gejala         demam tidak menentu, jika tidak segera diobati bisa berakibat fatal.

            Plasmodium bereproduksi secara aseksual dan seksual. Reproduksi secara aseksual dengan skizogoni yaitu pembelahan diri yang berlangsung di dalam tubuh inang tetap, dan sporogoni yaitu pembentukan spora yang berlangsung pada inang perantara (hospes intermediet). Reproduksi secara aseksual melalui persatuan gamet (mikrogamet = gamet jantan dan makrogamet = gamet betina) yang berlangsung di dalam tubuh nyamuk
Siklus hidup Plasmodium secara aseksual dan seksual :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar